Balik Nama

Bermula dari habisnya masa berlaku STNK motor saya, bulan lalu saya melakukan proses perpanjangan STNK. Dan karena sebelumnya STNK tersebut masih atas nama Pakde saya (karena saya belum memiliki alamat DKI Jakarta ketika memiliki motor tersebut), saya memutuskan untuk melakukan balik nama agar tidak perlu selalu merepotkan Pakde dengan meminjam KTP-nya setiap tahun ketika melakukan pengesahan STNK. Untungnya alamat Pakde dan saya sama-sama berada di daerah Jakarta Timur sehingga tidak perlu melakukan proses mutasi. Proses administrasi STNK saya dapat dilakukan di satu tempat saja, yaitu Samsat Jakarta Timur, sedangkan proses administrasi BPKB tetap dilakukan di Gedung Biru Polda Metro Jaya di daerah Semanggi.

Sebelum berangkat, saya sempat melakukan pencarian soal prosedur dan biaya untuk melakukan balik nama ini. Ada beberapa laman dan blog yang menolong. Setelah mendapat gambaran yang cukup dan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, saya berangkat ke kantor Samsat Jakarta Timur di daerah Kebon Nanas. Jangan lupa persiapkan:

  • STNK (asli dan fotokopi)
  • BPKB (asli dan fotokopi)
  • Kuitansi pembelian kendaraan oleh pemilik baru dari pemilik lama (asli, bermeterai)
  • KTP pemilik lama dan pemilik baru (asli dan fotokopi)
  • Jika anda menguruskan untuk orang lain (Orang tua anda misalnya), mungkin anda akan butuh surat kuasa bermeterai.
  • Pena (untuk mengisi formulir)
  • Uang secukupnya untuk biaya-biaya resmi maupun pungli

Pungli? ya, meskipun mengurus sendiri dan mengikuti prosedur resmi, saya mendapati bahwa masih terdapat pungli (biaya-biaya tanpa tanda terima resmi) dalam pengurusan balik nama kendaraan ini. Berikut akan saya ceritakan tahapan-tahapan yang saya lalui, semoga dapat menolong anda.

Tahap pertama adalah cek fisik kendaraan. Masuk pelataran Kantor Samsat Jakarta Timur, berputarlah lewat belakang hingga anda menemui area cek fisik di sebelah kanan (dari arah depan). Kebetulan waktu saya datang area ini sudah cukup sepi karena saya datang kesiangan (pukul 10 pagi), jadi tidak ada antrian dan saya langsung masuk dan dilayani petugas cek fisik. Petugas cek fisik akan mengambil nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda dan mengisi formulir hasil cek fisik. Waktu itu, petugas tersebut meminta ongkos Rp10.000 kepada saya (tanpa tanda terima). Setelahnya, keluar dari area cek fisik dan parkir kendaraan anda di tempat yang tersedia lalu kembali untuk tahap berikutnya.

Tahap kedua adalah pemeriksaan hasil cek fisik yang loketnya yang terletak tepat di sebelah area cek fisik. Datanglah ke loket pertama yang bertandakan ‘Pendaftaran’, kemudian serahkan dokumen-dokumen yang diminta. Petugas loket pemeriksaan hasil cek fisik waktu itu meminta Rp30.000, dan ini juga tanpa tanda terima resmi. Setelahkan menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan, tunggulah di tempat duduk yang tersedia hingga nama anda dipanggil untuk pengembalian berkas. Waktu yang dibutuhkan dari mendaftar hingga berkas dikembalikan waktu itu sekitar 30 menit.

Tahap ketiga adalah pendaftaran balik nama. Dari area cek fisik di pelataran Kantor Samsat, masuklah ke gedung Kantor Samsat (pastikan anda melepas jaket sebelum masuk) dan langsung naik ke lantai 2 lewat tangga di sebelah kiri dari arah pintu masuk. Pendaftaran diterima di loket 1 namun formulir pendaftaran tersedia di loket 2, aneh ya? :) Mintalah formulir pendaftaran balik nama dan isilah dengan pena yang telah anda bawa. Karena tidak melakukan perubahan bentuk, warna, dan hanya berpindah ke sesama area Jakarta Timur, saya hanya menandai ceklis ‘Tukar Nama’ dan ‘Tukar Alamat’. Setelah diisi dengan tepat, lengkapi formulir dengan dokumen-dokumen yang diminta (baik asli maupun fotokopi) dan serahkan di loket 1. Petugas loket waktu itu meminta sekitar Rp35.000 tanpa tanda terima (beliau juga sempat menawarkan ‘jalur cepat’ dengan biaya tambahan). STNK asli anda akan diambil dan anda akan diberikan tanda terima resmi (penting! Pastikan anda mendapat tanda terima resmi jika dokumen resmi asli anda diambil) dan saya disuruh kembali 3 hari kemudian. Sampai di sini tidak ada lagi yang perlu anda lakukan, jadi anda bisa pulang atau melakukan kegiatan lain. Total waktu yang dibutuhkan untuk hari ini sekitar 1,5-2 jam tergantung kepadatan dan berapa siang anda tiba.

Tiga hari kemudian saya kembali lagi. Tahap berikutnya adalah mengambil berkas pendaftaran yang telah diproses. Naik ke lantai 2 gedung Kantor Samsat Jakarta Timur dan datanglah ke loket 2 dengan menyerahkan tanda terima yang kemarin diberikan pada anda. Tunggu sebentar dan berkas anda akan dikembalikan beserta slip resi pembayaran yang harus dibayar di loket berikutnya. Petugas loket mungkin akan menyuruh anda untuk memfotokopi berkas tersebut untuk persyaratan dokumen ketika anda mengurus BPKB di kantor Polda Metro Jaya nantinya, jadi turunlah dan carilah tukang fotokopi di dalam area gedung Kantor Samsat dan serahkan berkas tersebut untuk difotokopi. Biaya fotokopi yang berlaku di sini tidak seperti di luar, jadi siap-siap membayar Rp2.000 atau lebih untuk fotokopi beberapa lembar saja.

Setelah itu, tahap kelima adalah pembayaran. Kembali naik ke lantai 2 dan datanglah ke loket 3 untuk melakukan pembayaran biaya-biaya resmi balik nama kendaraan. Biaya-biaya balik nama kendaraan yang resmi terdiri atas:

  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB)

Besarnya 2/3 dari nilai Pajak Kendaraan Bermotor anda.

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Ini adalah pajak yang biasa anda bayar setiap tahunnya. Nilainya bervariasi tergantung nilai dan umur kendaraan anda serta apakah berlaku pajak progresif untuk kendaraan kedua, ketiga dan seterusnya. Silakan lihat STNK anda untuk mengetahui berapa pajak kendaraan bermotor anda.

  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)

Untuk sepeda motor, besarnya Rp35.000. Untuk mobil katanya besarnya Rp143.000.

  • Biaya Administrasi STNK

Untuk sepeda motor, besarnya Rp50.000. Untuk mobil Rp75.000.

  • Biaya Administrasi TNKB/Plat Nomor

Untuk sepeda motor, besarnya Rp30.000. Untuk mobil Rp50.000.

Waktu itu, biaya yang harus saya bayarkan seharusnya sedikit di bawah Rp300.000 tapi petugas loket justru meminta Rp305.000, mungkin nilai matematikanya dulu tidak sebagus nilai ekonominya. :) Petugas loket juga sempat menawarkan jasa pengurusan BPKB di Polda dengan biaya tertentu namun saya tolak karena saya sudah berniat mengurus sendiri. Setelah membayar, anda akan mendapat tanda terima resmi dan STNK baru atas nama anda.

Tahap keenam adalah pengambilan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) baru. Keluarlah dari gedung dan pergilah menuju loket pengambilan TNKB (plat nomor) di samping belakang area cek fisik. Serahkan slip yang telah diberikan di loket sebelumnya, dan tunggu sebentar hingga nama anda dipanggil dan plat nomor baru anda diserahkan (hati-hati, catnya mungkin masih basah). Di sini petugas loket meminta Rp5.000 (tanpa tanda terima). Sampai di sini, urusan anda telah selesai di Kantor Samsat. Total waktu yang saya habiskan di hari kedua ini lebih singkat dari hari pertama, cukup 1 jam saja. Anda boleh pulang dan memasang TNKB baru anda, atau anda dapat langsung pergi ke Gedung Biru Polda Metro Jaya untuk melakukan administrasi/pencatatan perubahan nama pemilik pada BPKB. Karena hari itu sudah cukup siang dan cuaca sedang mendung, saya putuskan untuk pergi ke Polda pada lain hari saja.

Balik Nama BPKB di Polda Metro Jaya

Esok lusanya, saya pergi ke Polda Metro Jaya dan menuju Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya yg lebih sering disebut Gedung Biru. Letaknya di depan lapangan besar. Pengunjung gedung ini cukup ramai setiap harinya, jadi saya sarankan untuk datang pagi (sekitar pukul 9-10) untuk menghindari antrian yang terlalu lama. Sebelum masuk, siapkan kembali dokumen yang dibutuhkan seperti fotokopi STNK baru, BPKB asli dan fotokopi KTP pemilik baru. Setelah masuk Gedung Biru, datanglah ke meja resepsionis dan mintalah formulir. Para petugas di sana cukup ramah dan membantu dalam menjawab pertanyaan saya soal prosedur dan dokumen yang diperlukan.

Setelah (atau sebelum?) mengisi formulir, anda akan disuruh membayar biaya administrasi BPKB ke loket bank BRI. Besar biayanya saya lupa, mungkin sekitar Rp80.000 untuk sepeda motor, tapi ini resmi. setelah membayar biaya dan mengisi formulir, ambillah nomor antrian untuk mendaftar balik nama BPKB di mesin tiket antrean yang tersedia. Kecepatan anda mengisi formulir, membayar biaya serta mengantre di mesin tiket nomor antrean akan menentukan nomor antrean yang anda dapat dan lamanya waktu yg harus anda tunggu sebelum nomor anda dipanggil (atau, jika memungkinkan anda bisa mengambil nomor antrean dulu baru kemudian mengisi formulir dan membayar biaya administrasi).

Setelah formulir terisi, biaya administrasi dibayar, dan mendapat nomor antrean di tangan, duduklah di area tunggu yang disediakan hingga nomor anda dipanggil. Anda dapat menunggu sebentar, lama atau sangat lama tergantung dari seberapa pagi anda datang dan berapa nomor antrean yang anda dapatkan. Pada kasus saya misalnya, saya menunggu hampir 2 jam hingga nomor saya dipanggil (membawa smartphone/gadget lainnya atau buku bisa sangat berguna di sini). Setelah nomor anda dipanggil, datanglah ke loket yang disebutkan lalu serahkan berkas (formulir plus lampiran dokumen) anda. Petugas akan memasukkan data anda kemudian menyerahkan tanda terima untuk digunakan mengambil BPKB di lain hari. Pada kasus saya, saya disuruh kembali 12 hari kemudian.

Fast forward ke 12 hari kemudian, saya kembali datang ke gedung biru. Kali ini saya datang lebih siang (sekitar pukul 14.00) dan mesin antrean sudah tutup. Saya sempat putus asa dan hampir pulang lagi, namun kata petugas jaga karena saya tinggal mengambil BPKB saya bisa langsung datang ke loket pengambilan. Serahkan nomor pengambilan anda di loket pengambilan, kemudian tunggu sebentar di tempat duduk yang disediakan. Petugas loket kemudian akan memanggil nama anda. Setelah melakukan verifikasi nama dan alamat, petugas loket akan menyuruh anda mengisi buku tanda terima sebelum kemudian menyerahkan BPKB baru anda. Sampai di sini, seluruh proses telah selesai. (Berhasil! Berhasil! Berhasil! Horee!)

Kesimpulan yang saya dapatkan dari pengalaman ini ialah bahwa mengurus sendiri administrasi surat-surat kendaraan (seperti yang saya lakukan) masih cukup merepotkan. Anda setidaknya perlu meluangkan waktu 1/2 hari kerja di 4 hari yang berbeda. Namun sebenarnya mengurus sendiri administrasi surat-surat kendaraan ini tidak sulit, dan pengalamannya bisa jadi pelajaran berharga. Dan dibandingkan menggunakan biro jasa, mengurus sendiri jauh lebih murah. Sayangnya proses di kantor Samsat ternyata belum bebas pungli, tidak seperti proses di Gedung Biru Polda Metro Jaya.NKB baru anda, atau anda dapat langsung pergi ke Gedung Biru Polda Metro Jaya untuk melakukan administrasi/pencatatan perubahan nama pemilik pada BPKB. Karena hari itu sudah cukup siang dan cuaca sedang mendung, saya putuskan untuk pergi ke Polda pada lain hari saja.

Esok lusanya, saya pergi ke Polda Metro Jaya dan menuju Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya yg lebih sering disebut Gedung Biru. Letaknya di depan lapangan besar. Pengunjung gedung ini cukup ramai setiap harinya, jadi saya sarankan untuk datang pagi (sekitar pukul 9-10) untuk menghindari antrian yang terlalu lama. Sebelum masuk, siapkan kembali dokumen yang dibutuhkan seperti fotokopi STNK baru, BPKB asli dan fotokopi KTP pemilik baru. Setelah masuk Gedung Biru, datanglah ke meja resepsionis dan mintalah formulir. Para petugas di sana cukup ramah dan membantu dalam menjawab pertanyaan saya soal prosedur dan dokumen yang diperlukan.

Setelah (atau sebelum?) mengisi formulir, anda akan disuruh membayar biaya administrasi BPKB ke loket bank BRI. Besar biayanya saya lupa, mungkin sekitar Rp80.000 untuk sepeda motor, tapi ini resmi. setelah membayar biaya dan mengisi formulir, ambillah nomor antrian untuk mendaftar balik nama BPKB di mesin tiket antrean yang tersedia. Kecepatan anda mengisi formulir, membayar biaya serta mengantre di mesin tiket nomor antrean akan menentukan nomor antrean yang anda dapat dan lamanya waktu yg harus anda tunggu sebelum nomor anda dipanggil (atau, jika memungkinkan anda bisa mengambil nomor antrean dulu baru kemudian mengisi formulir dan membayar biaya administrasi).

Setelah formulir terisi, biaya administrasi dibayar, dan mendapat nomor antrean di tangan, duduklah di area tunggu yang disediakan hingga nomor anda dipanggil. Anda dapat menunggu sebentar, lama atau sangat lama tergantung dari seberapa pagi anda datang dan berapa nomor antrean yang anda dapatkan. Pada kasus saya misalnya, saya menunggu hampir 2 jam hingga nomor saya dipanggil (membawa smartphone/gadget lainnya atau buku bisa sangat berguna di sini). Setelah nomor anda dipanggil, datanglah ke loket yang disebutkan lalu serahkan berkas (formulir plus lampiran dokumen) anda. Petugas akan memasukkan data anda kemudian menyerahkan tanda terima untuk digunakan mengambil BPKB di lain hari. Pada kasus saya, saya disuruh kembali 12 hari kemudian.

Fast forward ke 12 hari kemudian, saya kembali datang ke gedung biru. Kali ini saya datang lebih siang (sekitar pukul 14.00) dan mesin antrean sudah tutup. Saya sempat putus asa dan hampir pulang lagi, namun kata petugas jaga karena saya tinggal mengambil BPKB saya bisa langsung datang ke loket pengambilan. Serahkan nomor pengambilan anda di loket pengambilan, kemudian tunggu sebentar di tempat duduk yang disediakan. Petugas loket kemudian akan memanggil nama anda. Setelah melakukan verifikasi nama dan alamat, petugas loket akan menyuruh anda mengisi buku tanda terima sebelum kemudian menyerahkan BPKB baru anda. Sampai di sini, seluruh proses telah selesai. (Berhasil! Berhasil! Berhasil! Horee!)

Kesimpulan yang saya dapatkan dari pengalaman ini ialah bahwa mengurus sendiri administrasi surat-surat kendaraan (seperti yang saya lakukan) masih cukup merepotkan. Anda setidaknya perlu meluangkan waktu 1/2 hari kerja di 4 hari yang berbeda. Namun sebenarnya mengurus sendiri administrasi surat-surat kendaraan ini tidak sulit, dan pengalamannya bisa jadi pelajaran berharga. Dan dibandingkan menggunakan biro jasa, mengurus sendiri jauh lebih murah. Sayangnya proses di kantor Samsat ternyata belum bebas pungli, tidak seperti proses di Gedung Biru Polda Metro Jaya.

About these ads
38 comments
  1. agus said:

    sulit amat..ribet banget yaa,,?rencana bulan maret 2012 sy ngurus 2 kend spd motor.Si GAMBOT Tiger (mutasi)sm JALITENG fu 150(balik nama).motor second semua.
    si Gambot udah sy proses cabut berkas tinggal nunggu sms dri Briptu Astuti,sdngkan si Jaliteng udh sy minta cek fisik bantuan karna jaliteng ada di luar kota@pajak mati 1thn.balik nama aje ribet,,mau bayar pajak ribet.

  2. dhewa said:

    ya maklum indonesia, gimana mau maju :(

  3. graha bekisting said:

    tenks ulasanya sangat membantu bro, kebetulan ane juga mau ganti nama, tadinya harus mutasi karen beda area, ahirnya baliknama aja cuma pinjem ktp saudara ( biar ngirit )

  4. mura said:

    klo balik nama ktp antar kota bagaimana ya? plat B ktp bandung. brarti total klo dilihat dari penjelasan diatas sekitar hampir 400an ya total beresnya…hmm okkey

  5. syahrir said:

    Kalau di SULTRA biaya buat balik nama plus pajak kendaraan (motor) bisa sampai jutaan bro…!!

  6. dede said:

    tengkyu….smg bermanfaat ^^ jadi siap mental bakalan Ribet nih urusan…pufffttthhhh

  7. najiss said:

    inilah hasil kemerdekaan kita…….horeeee……….merdekaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!

  8. ahmad said:

    Pungli ????
    Bukan bung, itu gue nabung utk ngembalikin sawah emak yg udah gue jual utk jadi polisi…
    emang gaji doang cukup buat bayar utang ?

    • roki said:

      to ahmad : wah sialan lu! emangnya yang bayar pajak gak kerja gitu utk dapat duit? trus ga ada yang jual sawah emak nya juga utk biaya kuliah?? lu pikir lu doang yg cukup gajinya utk bayar utang?? semuanya juga kerja cuy! kerja yg bener dan sabar, bukan begitu caranya. semua bisa diakali asal JUJUR! klo semua polisi kyk lu gimn mo percaya sm polisi??

    • tyo said:

      sapa suruh jadi polisi…. itu namanya rezeki yang tidak barokah bung…. sama aja lu nabung bwt neraka… dapat karma dah ntr lu haha

      • OZIE said:

        Roko & Tyo : tau gak maksud dari si Ahmad, pernyataan dia itu cuma menyindir polisi2 kita, karena kan kebanyakan klo mo jdi polisi harus modal gede dulu biar bisa masuk…hehehe

  9. ferry said:

    terlalu banyak buaya di kantor polisi…

  10. deyu said:

    Dari kesimpulan diatas “Sayangnya proses di kantor Samsat ternyata belum bebas pungli, tidak seperti proses di Gedung Biru Polda Metro Jaya.” dan komen2nya menjelekan polisi, kenapa hanya polisi yang disinggung? di samsat itu kan ada orang2 sipil dari dispenda dan jasa raharja. Di gedung biru itu justru kebanyakan polisi, pns polri dan beberapa orang karyawan BRi.

    • kenmeidearu said:

      mau tau ngak kenapa disamsat atau polres polsek
      org yg make baju biru putih(sipil polri)
      ternyata gaji mereka itu jauh dibawah umr
      dan yg mengaji mereka itu adalah tiap2 kesatuan(atasan langsung) kalo yg sipil itu blm diangkat jadi pns
      jadi duit pungli itu buat ngegaji mereka…
      kalo kaya gini yg musti disalahin itu pemerintahannya…
      #temenku ada yg kerjanya jadi sipil polri dan kalo denger gaji mereka miris dengerny

  11. clibak said:

    terima kasih atas infonya. saya mo coba dari polda langsung ah, lagi mo tes bbn yang digratiskan

  12. Najat said:

    mantabz postinganya brow,,trimakasih infonya.

  13. Asli ribet dan penuh ranjau pungli pungli pungli……SAMSAT…..SAMSAT….SAMSAT…
    karena dulu ane lama di Mesir yg burokrasinya gak ketulungan ribetnya…ane pikir Mesir dah paling parah….Eeeehh.. ternyata SAMSAT RI lebih parah dan penuh dg pungli Komputer bukan buat melancarkan kerja…tapi mereka asik menonton GANGNAM STYLE…ngaco deh. Klo di Mesir biarpun besekan dalam ruangan pengap…tetap urusan satu jendela. 1-2jam selesai, mau balik nama, perpnajang stnk atau pindah alamat. Klo di Indo 7 hari aja blon kelarr….alamakkkk kacau deh ****SAT.

  14. Ari Setiawan said:

    mas saya kemaren sabtu (16-02-2013)baru cek fisik aja dah dimintain 20rebu.tuh petugas maksa lagi.ntr ane mo kelarin urusan dulu aja deh soalnya mau ke loket formulir dah tutup biar kalo udah selesai mau ane curhatin di koran kompas biar kagak ada lagi pungli2 biar tuh polisi ahli neraka pada nyaho semua.

  15. zen said:

    kalo cek fisik dan ganti stnk,bpkb dan plat baru apa bisa di polda sobat

    • sevenco said:

      Yang berhubungan dengan STNK, plat nomor, ngurusnya di Samsat (Dispenda). Yang berhubungan dgn BPKB ngurusnya di Polda.

  16. zen said:

    sebenarnya bayar pajak kendaraan yg cepet dan tidak ada punglinya dimana bro, di samsat apa di polda,,,
    karena banyak warga indonesia yang tidak tahu dan akhirnya jadi mangsa pungli dan oknum yang tidak mematuhi hukum dan prosedur,,
    thanks

  17. kalau bpkb polda habis kertasnya gmn ya .. semntara saya sudh urus bpkbnya, kebetulan saya sekalian balik nama …. dan perpanjang STNK ( karena BPKBNYA masih nama orang sebelumnya yg memiliki kendaraan lebih dari 1, dan sudah 2 tahun saya kena pajak progesifnya yg selangit harganya)sekalian perpanjang stnk biar ga bayar mahal maknya saya balik nama, tapi jatuh tempo pajak stnk saya tinggal 1 minggu, sementara bpkb pemenrintah polda habis gmn yaa apa saya harus menunggu hingga kertas ada atau bagaimana… shering aja .. tq

  18. South Korea has pledged that 11% of its total energy will come from other sources.
    Its high-strength polycarbonate frame and titanium casing
    make the nPower PEG, which he spent 10 years refining the design to convince skeptical governments and financiers the idea made commercial sense.
    So I know when you look at that and I think ultimately it’s going to come online.

  19. Surono said:

    Di riau rokanhulu be balik nama plus hidupkan pajak setahun biaya 1,35 juta . Jadi ny hampir setahun. Itulah hasil kerja samsat rohul begitu kental dg aksi penipuan.

  20. This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your magnificent post. Also, I’ve shared
    your site in my social networks!

  21. roesnadi said:

    mas saya mau balik nama dari samsat jaktim ke jaksel tapi masalahnya ktp orang pertamanya gak ada,,
    gimana kira-kira ya?

  22. Hi, I log on too your blogs regularly. Your writing style is witty,
    keep up thee good work!

  23. mukhayat said:

    Penuangan pengalaman dalam tulisan ini sangat bermanfaat bagi yg baru ngurus. Waktu saya ngurus di sekitar bulan penggantain STNK hilang di Juli 2013, sudah tidak ada pungli, tetapi saat saya mengurus hal yang sama untuk STNK kendaraan lainnya karena hilang pada Oktober 2013, sudah ada pungli lagi di beberapa loket, walaupun tidak seberapa, antara 5 -10.000 ribu. Namun penyelesaian STNKnya bisa satu hari selesai.

  24. mukhayat said:

    Saya baru ingat, (dari pengalaman teman saya) untuk perhatian bagi yang mau ngurus perpanjangan SIM /STNK di geray PGC Kramat Jati. Disini ada oknum yang menawarakan pengurusan prosesnya. Janganlah Anda meleng dg serahkan dokumennya spt KTP, SIM/STNK yang akan diperpanjang, juga uang pengurusannya. Dia akan minta korban untuk nunggu saja, lah saat si korban meleng, dia lari, meninggalkan tempat, dan raib.Data orangnya agak tinggi, dan kurus-kurus.

  25. Bambang said:

    kemarin sya baru aja ke polda ngurus sendiri balik nama motor saya dari Jaksel ke jaktim, ada beberapa yg mau saya tambahin, mengenai pungli2 saya kok gak nemuin ya dari cek fisik, trus daftar-menyerahkan berkas di lantai 2-balik 2 hari lagi ambil berkas dan bayar sesuai yg tertera di stnk, minta plat nomor di workshop samping gedung tadi.

  26. Rian said:

    Wah, beda dg di pekanbaru-riau gan, disini malah samsat yg minim pungli (kecuali Cek fisik 10RB motor n 20RB Mobil) selebihnya biaya Ada kwitansi resminya. Tapi klo di kantor polisinya, ane diminta 300RB untuk balik nama Mobil (tanpa kwitansi resmi), Ada yg kena 200-300rban g tau jg apa bedanya gak jelas sih… Padahal ya gan itu poster baliho gambar2 anti korupsi berserakan kayak sampah g berguna di kantor itu, yah percuma gak ditaati jg kok…

  27. Terima kasih atas sharing pengalamannya.. Saya sependapat bahwa masih banyak pembenahan yang diperlukan untuk administrasi SIM, STNK, BPKB. Idealnya pelayanan yang dilakukan SAMSAT meniru standard pelayanan Bank..

    Saya sempat berpikir, seandainya administrasi SIM, STNK, BPKB diurus oleh satu lembaga independen yang professional diluar POLRI, rasanya kualitas pelayanannya akan sangat jauh lebih baik.. Hal ini telah diterapkan diberbagai negara maju..

    Bagaimana dengan Indonesia? Saya harap anggota DPR dapat memperjuangkan masukan ini… Lepaskan administrasi SIM, STNK dan BPKB dari POLRI… !!!

  28. Kian santang said:

    thanks

  29. petirabang said:

    Pengalaman urus balik nama di Samsat Jakpus, setengah hari kelar…. cek fisik gratis, cuma ngasih tips aja ke tukang geseknya, naik ke Lt. 2 gratis, naik ke lt. 4 di mintain 10 rb, ya udah gpp lah…. balik ke lt. 2 lagi, tunggu sebentar trs bayar, setelah bayar tunggu 15 menit jadi deh STNK barunya…. Tinggal balik nama BPKB nya di Polda…

  30. Lesbon Simbolon said:

    Lain di daerah sy, sy baru sekdar tanya2 ke 1 orang polisi dan 1 orang pns dispenda petugas cek fisik. PKB motor sy 136 ribu, SWDKLLJ 35 ribu. 7x mau ganti stnk sekaligus balik nama tapi tdk mutasi. Si polisi bilang sekitar 1 juta dan si pns petugas cek fisik bilang sekitar 800 ribu

  31. bro kalo ngurus balik nama plat jakarta timur ke barat harus mutasi gak//

  32. joko said:

    Pak mau tanya,
    Saya punya motor bebek beli sama deler, sya mw balik nama, tapi ktp asli ats nma stnk tdk ada, sya cuma ada foto kopinya, apa bisa pak? Dan kuwitansi pambayaran pda saan pembeliian speda motor juga tidak ada,

    Trims

  33. devic.toria@yahoo.co.id said:

    gak akan ribet jika semua melalui prisedur yang sdh ditentukan..dan petugas yang jujur dan bersih…itu aja cukup nyaman buat masyarakat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: