Gmail for mobile application pada SonyEricsson W800i + Telkomsel

SonyEricsson W800i

Kira-kira sejak saat diluncurkannya Gmail for mobile app, saya telah menginstallnya pada ponsel SonyEricsson W800i saya. Namun demikian, baru beberapa hari terakhir ini saja saya dapat menerima e-mail melalui aplikasi tersebut. Sebelumnya, saya selalu terhenti pada proses loading yang tidak pernah selesai. Memang, berkat sebuah milis junk inbox saya terisi ribuan e-mail yang mungkin menghabiskan waktu sangat lama untuk mendownloadnya, tapi apa memang karena itu? Toh, anggota milis yang lain telah mencoba live junking dengan aplikasi ini dan berhasil. Lalu apa sebabnya?

Faktor Telepon? 

Awalnya saya duga penyebabnya ada pada W800i yang tidak mensupport Gmail (karena Gmail jelas mensupport W800i, terlihat dari versi Gmail for mobile app). Sejak jamannya saya mencoba mendownload e-mail Gmail (karena redundan, selanjutnya cukup disebut dengan “Gmail” saja) via POP3 client bawaan W800i, maupun mengakses Gmail mobile via http://m.gmail.com, telah diketahui bahwa w800i memiliki masalah dengan koneksi HTTPS yang disyaratkan Gmail.

Dengan tips di blog Areworld saya berhasil mengatasi masalah yang pertama dan sukses mendownload Gmail via POP3. Namun ini tidak saya sarankan karena prosesnya sangat lama, mahal karena menghabiskan banyak data (apalagi jika terdapat attachment), dan tidak cocok jika anda memiliki banyak e-mail di inbox anda. Masalah yang kedua tetap tidak terpecahkan, tidak dengan browser xHTML bawaan W800i. Karena itu, selama ini saya bertahan menggunakan Opera Mini untuk mengakses Gmail. Namun meskipun cepat dan murah, Opera Mini kurang nyaman jika dipakai mengakses Gmail. Anda perlu melakukan reload berkali-kali untuk membaca dan membalas sebuah e-mail. Gmail for mobile app menjanjikan akses e-mail yang lebih cepat dengan navigasi yang lebih nyaman serta konsumsi data yang lebih sedikit, ini yang saya perlukan. Dan ternyata masalahnya bukan pada jenis ponsel karena seorang rekan telah berhasil menggunakan aplikasi ini pada W800i miliknya.

Faktor Operator Jaringan? 

Ponsel yang sama, aplikasi yang sama, namun hasil yang bertolak belakang. Kecurigaan saya pun mengarah pada faktor terakhir (sebelum FMCOPD), operator jaringan. Setting layanan data saya sepertinya baik-baik saja, mengingat saya sudah sangat sering menggunakan layanan GPRS Telkomsel (meskipun tarifnya termasuk lebih mahal) untuk browsing internet via Opera Mini maupun mengakses Yahoo Messenger via Mig33, namun tetap saja saya tidak bisa menggunakan Gmail for mobile app untuk mendownload e-mail saya. Apa yang salah? Kembalilah saya menggunakan Opera Mini (versi 3 menurut saya sangat bagus karena fitur RSS feed reader serta photoblog).

Setelah cukup lama mengutak-atik setting data pada ponsel, akhirnya (secara kebetulan) saya menemukan solusinya. Saya asumsikan anda telah memiliki setting GPRS Telkomsel pada W800i anda. Dari menu utama, masuk menu ‘Settings’…tab ‘Connectivity’…’Settings for Java™’, kemudian pilih internet profile GPRS anda (default: Telkomsel GPRS). Tekan tombol ‘More’…’Settings’, kemudian ubah Internet mode dari ‘HTTP’ ke ‘WAP’. Ironis ya, solusinya ternyata dengan melakukan langkah mundur dari koneksi HTTP ke koneksi WAP. Perhatikan bahwa ini dapat menyebabkan aplikasi lain yang membutuhkan akses GPRS (Opera Mini, browser standar W800i, dll) menjadi tidak dapat mengakses internet. Jika demikian, cukup kembalikan setting internet mode ke HTTP, selesai.

Setelah itu, buka Gmail for mobile app dan login dengan Gmail account anda, tunggu sebentar. Seharusnya anda akan melihat inbox Gmail anda. Jika tidak, mungkin ada langkah yang lupa saya sampaikan, atau memang FMCOPD. :)

PS: Tips ini tidak dapat dilakukan pada ponsel W850i. Entah kenapa walaupun memenuhi persyaratan untuk menjalankan Gmail mobile app, ponsel yang lebih baru ini sepertinya belum didukung oleh Gmail mobile (lagi, lihat pada versi Gmail mobile app). Saya duga ini karena pada ponsel full HTML seperti W850i sepertinya tidak terdapat pilihan untuk mengubah internet mode dari HTTP ke WAP. :P

(Gambar diambil tanpa ijin dari website SonyEricsson W800i.)

Update 07.03.2007: Semalam saya memperhatikan ternyata setting internet mode HTTP sudah bisa digunakan untuk menjalankan Gmail for mobile app. Saya tidak tahu apakah ini karena saya mengupdate software ke versi 1.1, ataukah ada perbaikan yang dilakukan Telkomsel (karena membaca posting blog ini mungkin?). ;) Yang jelas dengan demikian, saya tidak perlu mengubah-ubah setting dulu sebelum berganti aplikasi dari Gmail mobile (untuk e-mail) ke Opera mini (untuk browsing internet), which is good! :)

29 comments
  1. Ya, ya, saya FMCOPD.. :-w *takol pake hengpon*

  2. bukan, hengpon lu kecanggihan, sudah bukan kastanya lagi pake gmail for mobile app. :P *jelas2 cuma berusaha menghibur*

    coba donlot lagi deh, versi terbarunya udah keluar, v.1.1. siapa tau hape lu udah di-support.

  3. Lily said:

    Horeeee….akhirnya apdet :D.

  4. herda said:

    Abang.. mau tahu dungs.. ini SE yang baru bukan sih? Yang slim itu. Yang tipisnya cuma setebal kotak cd. Yang iklannya ada pasangan lagi ngerayaain anniversarynya itu? Yang sambil makan burger terus ada kentangnya … Duh, sayah pengen .. bukan pengen burger dan kentangnya, tapi henpunnya. Sayah mau .. tapi katanya masih 3.5 jutaan T-T

  5. herda:
    bukan, itu mah W880 (di cina namanya W888, hokii…) gw juga pengen, walopun kayanya gampang banget patah. :P tapi yg sekarang juga masih memadai lah, walopun gw bisa juga pake fitur2 w880 kaya UMTS (3G), bluetooth A2DP stereo, sama picture blogging.

    tapi setelah diliat2, w800 gw masih punya kelebihan dibanding w880. w880 gak ada fitur radio FM, gak ada infrared (butuh juga kalo mau konek ke laptop tua gw yg no bluetooth dan lupa bawa kabel data), dan kamera seri W sekarang udah gak ada autofocus.

  6. herda said:

    Nyaaa~~ Iya, iya 880 ternyata. Euh, ga ada FMnya yah :-? Huaaa.. sayah mau ganti henpun. Tapi T-T Kapan? –;

  7. ganti yg SE seri cybershot aja da, bagus deh.. ;)
    flashnya beneran, bukan cuma kaya senter, pake xenon. resolusi lebih tinggi (3MP) walopun gak ada optical zoom. dan fitur yg gw suka, BestPic™, jadi bisa milih dari sekumpulan gambar mana yg hasilnya paling bagus/momennya paling cocok.

    kok gw jadi promosi SE sih? mau jadi duta SE apa? *dikemplang* :P

  8. Aldi said:

    coba akses situs http://maseko.com/gm dari browser HP anda, mungkin bisa membantu mengakses account gmail dari HP.
    atau:
    kunjungi situs http://www.flurry.com dari PC anda, ada aplikasi flurry-mail yang cukup bagus untuk didownload ke HP. Aplikasi ini gratis koq, dan bisa untuk mengakses email yahoo, gmail, hotmail, dll.
    HP gue aja yang jadul, nokia 3200, bisa untuk melakukan tugas2 itu semua, aplg HP anda yg High-End.
    Met mencoba, n Good Luck….

  9. tony said:

    ngomong ke siapa di? saya-kah..? *binun*

    gak ada masalah kok pake gmail mobile app, yg masalah itu kadang di rumah gw gak dapet coverage GPRS, entahlah. gw juga pernah pake flurry, cukup bagus, ringan, cepat, dan bisa diinstal di telepon yg support j2me. tapi ngerasa agak gimana aja konek lewat mesin 3rd party, takutnya kenapa2 (misalnya kaya mig33 palsuan yg ternyata buat nyuri password YM). beda ama konek langsung kan, ngerasa lebih aman aja.

  10. Aldi said:

    Ton, Gw ngomong bwt siapa aja yg mbaca blog spot ini he8x, mas mbak, nyak babe, ncang ncing..
    Kalo rekan2 mo nyari software buat HP, bisa dilihat di http://www.getjar.com ada ratusan aplikasi. HP N-3200 gw yg ngk bs dipasang Mig33, ternyata bs diinstall program Mobichat (63kB) berbasis j2me yg bs mengakses YM dan MSN messenger.
    Last, klo mo browsing website dari HP, ada proxy yg ckp bgs http://www.skweezer.net yg bs mempercepat browsing.

  11. Wah… saya pake W850i… ga bisa akses gmail, baik via browser maupun gmail/app …

    nasib…

  12. @Adham
    oh iya, saya lupa update lagi. SPSS juga pake W850i, dan baru-baru ini dia bisa akses gmail pake gmail for mobile app. seharusnya anda juga bisa.

  13. ada yang aneh nih… w850i kan gagal mulu tu pake gmail app… aku test pake kartu im3 punya adekku… lancar jaya… install deh gmail app ama opera mini (sekalian aktifasi). setelah itu, balik pake simpati lagi, eh gmail app bisa jalan. opera mini juga bisa jalan (kemaren pake simpati, opera mini ga bisa aktifasi). ntar deh diposting ceritanya :D

  14. W850i, Telkomsel, dan Gmail App:

    Update 15 Mei 2007 23:09 WIB:
    Saya mengirim email tentang masalah ini ke salah satu technical support Telkomsel dan telah dibalas bahwa harus sedikit mengubah konfigurasi GPRS di handset. Jika menggunakan konfigurasi OTA, ubah APN dari “telkomsel” menjadi “internet” dan matikan settingan proxy (disable, non-aktif). Setelah saya coba, sekarang simPATI sudah dapat menggunakan Gmail App dengan lancar. Terima kasih kepada Network Team Telkomsel.

    Mohon maaf, karena ternyata ada kesalahan dalam melakukan update engine blog ini, pada tanggal 15 Mei 2007 mulai sekitar pukul 10.00 hingga 23.00 blog ini tidak dapat memproses komentar yang anda kirimkan. Sekali lagi saya mohon maaf kepada pengunjung yang gagal dalam mengirimkan komentarnya. Terima kasih atas perhatiannya.

  15. Hari said:

    Halo Sevenco or anybody,

    Saya pake SE K608i + IM3, dan tiap hari udah lancar pake Opera Mini 3 / 4beta.
    Saya juga udah install Gmail mobile App. tapi selalu mentok di [loading…] melulu setelah tekan tombol SignIn.

    Kira-kira kenapa ya? Anyone in this forum knows something?

    Thanks.
    SYN

  16. Sole said:

    Woe prend ad yg bsa bntu neh,akses intrnet nggunain w850i ato m600i via pc.coz aq udh ngnstall modem n dah dtect d pc,tp u/ akses intrnet g bsa.any body can help me?please

  17. elangperak said:

    kenapa ga pakai morange, http://www.morange.com, ga cuma bisa akses tapi di push, bener2 real time push email. Ngga cuma gmail, yahoo pun bisa. Dia bisa email (push), chat (MSN,google, Yahoo. QQ, ICQ and sesama pemakai morange), RSS reader…top banget, gratis lagi

  18. sevenco said:

    @elangperak
    iya, saya udah pake morange juga. memang sangat convenient, push e-mail, RSS, IM clientnya bahkan bisa online bersamaan (mis: Y!M dan GTalk sekaligus), dan ada notifikasi vibrate setiap ada pesan masuk. cuman takutnya lebih boros aja, jadi component push e-mail dan RSS nya saya matikan (toh Gmail mobile lebih bagus), hanya Chat (IM) saja.

    selain morange, untuk yg lebih sederhana bisa pake e-buddy. soalnya mig33 dan morange kadang2 susah utk login ke server Y!M.

  19. Indah S said:

    yukkkk cobain Mobitrek Indonesia mobile web community, akses ke http://m.mobitrek.com/ ada blog, chat, forum, wap games, quiz, info, news dan lain sebagainya, pokoknya seruuuuu deh….. plus bisa dapat free email @mobitrek.com 2GB space, dan bisa POP3 juga, asikkk khan…

  20. yerri said:

    halo boz,saya sdh sering browser tentang e buddy untuk nokia 3200 tp typenya tidak ada, yang ada hanya type 3220 dan yang lainnya,tp di getjar ada namun setelah dicoba dikirim tetap tidak bs karena file to large padahal dari getjar.com sizenya cm sekitar 95kb,dan hpku msh ada memory sisa 400kb,trs gmn caranya,kasih tahu ya,many thank’s bfr

  21. bron said:

    Anybody..tolong bantuin gw dong,gw make aplikasi java FLURRY.Tp setelah digunakan kenapa email-emailku tidak mau muncul di Inbox nya???Tp untuk kirim email mau berhasil.Yang bermasalah cuma pada saat nerima email,tidak mau muncul pada inbox Flurry.Tolongin ya…soalnya aq butuh cek email setiap saat.Biar lbh mudah aja lewat HP.Atau mungkin ada yang tau aplikasi lain yang serupa ama Flurry mungkin??Thx to all……

  22. bloon said:

    klo install kamus yang terbaru yang cocok buat SE w800i alamatnya apa yach?
    ada antivirus yang khusus buat tu hp gak?trus kalo mau download sofware pake HP ne masuknya apa?
    HP ne tu kekurangan ma kelebahannya apa?

  23. @bloon:
    setau saya, w800 gak butuh antivirus karena w800 gak punya operating system (OS), jadi gak bisa dihinggapi virus. berapa kali saya nyalain bluetooth di tempat umum dan dapet kiriman virus2 symbian nokia pun saya cuma ketawa2 aja. :D kalo kamus saya gak tau, soalnya saya gak pake hp sebagai kamus (walaupun bisa sih pake fungsi ‘define:’ di google pake opera mini).

  24. ilham said:

    1. sites yg bs download via ota buat ke hpku ada g?
    2. trus buat chat aplikasinya download dimana?
    3. harga chat dihitung /Kb ato gimana?
    thx sblmnya

  25. lobon't said:

    ??????????????????????????????????

  26. sakato69 said:

    mau nanya ni..gw make hp se w800i?gw pngen tau setting internet kecepatan tinggi bwt hp ni..da yg tau gk cara ny?

  27. @sakato69
    SE W800i masih menggunakan transfer data GPRS Class 10, alias teknologi 2,5G. secara teori, kecepatan transfer GPRS mencapai 115 kilobit perdetik, tapi kenyataannya kecepatan yg didapat hanya sekitar 32-48 kilobit perdetik (4-6 kilobyte perdetik) tergantung jaringan operator anda lowong atau tidak. ini jelas tidak bisa disebut internet kecepatan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: