Update Software iPod Nano 4th Gen Versi 1.0.3

img_0351_small

Sebetulnya ini basbang, tapi what the heck lah. Kira-kira 2 minggu yang lalu, saya meng-update firmware iPod nano 4th generation saya dari versi 1.0.2 yang disertakan dalam penjualan ke versi 1.0.3. Dari keterangannya, versi 1.0.3 berisikan update sebagai berikut:

• Support for Apple In-Ear Headphones with Remote and Mic
• Support for Apple Earphones with Remote and Mic
• Fixed instability issues when using Nike + iPod Sport Kit
• Added a setting to turn off Cover Flow when rotating iPod nano and a Cover Flow menu item under the Music menu
• When Shuffle setting is set to Songs, pressing play on a song in a saved Genius playlist will now follow the Shuffle setting
• After playing a slideshow with TV out, Cover Flow album art is no longer distorted
• Waking iPod nano after hibernating no longer distorts photos
• Other minor bug fixes

Terlihat, software versi 1.0.3 akan mendukung earphones/in-canal earphones dengan mic yang akan diluncurkan Apple. Earphone ini akan mendukung fitur voice recorder yang dimiliki iPod nano 4th gen. Yang jadi pertanyaan, kenapa Apple meluncurkan iPod nano 4th gen dengan menjanjikan fitur voice recorder tapi software yang mendukung earphone dengan mic keluaran Apple baru diluncurkan beberapa bulan setelahnya? Hehehe..

Namun demikian, bukan itu hal terpenting dalam update kali ini menurut saya. Yang lebih penting adalah poin ke-4 di atas, yaitu pilihan setting untuk menonaktifkan Cover Flow jika iPod nano dimiringkan. Sejenak terlihat aneh, bukankah itu justru salah satu fitur utama yang membuat antarmuka pengguna iPod nano begitu menyenangkan? Well, awalnya memang demikian. Ketika baru memilikinya, saya tak hentinya memiring-miringkan iPod nano dan melihat betapa mulusnya perubahan tampilan ke modus Cover Flow dan sebaliknya. Akan tetapi setelah beberapa lama, saya menemui kesulitan melakukan navigasi lagu dalam keadaan miring tanpa masuk ke modus Cover Flow, ketika sedang tiduran atau iPod nano berada di kantong kemudian tiba-tiba miring misalnya. Contoh praktiknya, ketika saya sedang mengendarai motor di jalan dan iPod nano berada di saku depan baju yang biasanya akan miring karena saku terlalu longgar, saya akan kesulitan menekan tombol next song karena di modus Cover Flow tombol next menjadi tidak aktif.

Adanya pilihan untuk menonaktifkan fitur iPod nano memasuki modus Cover Flow ketika dimiringkan adalah fitur yang sangat berguna. Tetapi jangan khawatir, fitur Cover Flow tetap dapat diakses dengan mengaktifkan kembali di menu Settings, atau dengan memasuki menu baru yaitu Cover Flow di menu Music. Dengan demikian, modus Cover Flow menjadi terlepas dari Accelerometer. Pengguna dapat melihat Cover Flow dengan iPod nano dalam keadaan tegak (meskipun harus memiringkan kepala, heheh..), dan sebaliknya iPod nano tidak perlu memasuki modus Cover Flow meskipun dalam keadaan miring. Yang mana yang anda pilih tentu tergantung keinginan dan kebutuhan anda. :)

4 comments
  1. Harry said:

    Gw juga punya ipod nano 4th gen (chromatic) warna orange. Firmware 1.0.3, namun gw menemui masalah dengan equalizer. Jika equalizer coba diaktifkan misalnya ke Bass Booster atau R&B, suaranya akan pecah. Gw pake earphone sennheiser seharga 4 ratusan ribu. Gw ada coba di ipod teman gw yang 4 gigabytes dengan firmware 1.0, masalah ini tidak terjadi. Apakah saudara menemui masalah ini? Thx

  2. oggy said:

    ipod nano gw kok ga bsa di kunci
    ntu knpa ya??
    ipod gw klo nge-shake sdikit lgsung gnti lagu nya
    apa emank ipod gw ga da tmbl knci nya
    gw jga udh liat2 di sett… tp ga da sett buat lock sma s’x

  3. putra said:

    mo tanya ne mas…….

    pas liat poto ipodnya kog layarnya bsa berwarna biru yah….
    tu bsa di set or gmna cra gntinya????

    punya saya warnanya item aja ne(default)

  4. aziz said:

    ga punya ipod…

    hiks.,.,.,.

Tinggalkan Balasan

